Kreatifitas Dini



Menumbuhkan kretifitas merupakan hal yang penting bagi bekal hidup. sebuah keahlian akan tumbuh apabila selalu berlatih dan terbiasa, begitupun dengan kreatifitas. menumbuhkan rasa kreatifitaspun diperlukan latihan, adapun dari sejak dini dapat kita latih dengan memberikan dan mengajarkannya permainan LEGO .

permainan ini tentulah sudah tak aneh lagi terdengar oleh telinga kita, permainan yang biasa di mainkan oleh anak kecil dan tak jarang dewasa pun memainkannya merupakan permainan yang bukan hanya merancang dan menyusun sebuah bentuk sehingga terwujud serta indah dipandang semata. tetapi permainan ini dirancang sistemis, mulai dari visi misi : apa yang akan dibentuk/dibangun, setrategi : merancang serta menyusun menjadi rangkaian yang kokoh dan kuat, art : seni beserta keindahannya.

Beberapa Manfaat permainan lego:
  • Belajar menciptakan visi: bagaimana hasil bangunan yang dikehendaki, berapa lantai, berapa jumlah kamar/ jendela, berapa jumlah garasi. Biasanya visi ini dinyatakan dulu di awal agar menjadi pedoman dalam proses pembuatannya nanti (start from the end).
  • Belajar mengerti fondasi: Langkah awal pembuatan lego adalah pembangunan fondasi. Fondasi ini ini akan menentukan kekuatan bangunan yang nanti akan dibuat.
  • Belajar mengerti alat bantu: Ada beberapa cara untuk membuat konstruksi/ rangka yang kuat, dan kadang membutuhkan  alat bantu sebagai penyangga untuk memperkuat konstruksi.
  • Belajar berkomunikasi & sharing ide: Pembuatan bangunan pada lego membutuhkan komunikasi yang konstruktif apabila dilakukan bersama-sama. Ide yang dimiliki harus berani disampaikan, dan dicoba bersama.
  • Belajar resource allocation: Jumlah bricks pada lego terbatas untuk masing-masing jenisnya, sehingga perlu dipikirkan keterbatasan jumlah bricks namun bangunan dapat sesuai dengan yang direncanakan.
  • Belajar art: Memahami dan mengerti tentang seni dan keindahan.
  • Dan yang juga penting adalah belajar bersabar.




jadi dalam rangka menumbuhkan kretifitas sejak dini maka di utamakan untuk memainkan permainan ini dan diutamakan pada anak - anak, karna kebiasaan sejak usia anak - anak akan terus membekas dan melekat terhadap anak tersebut apalagi kekretifan merupakan sebuah bekal untuk hidupnya di masa mendatang nanti. 

1 komentar:

awab abdul wahab. Diberdayakan oleh Blogger.
.

Featured Posts Coolbthemes

manusia diselamatkan bukan oleh pendidikan melainkan oleh keterampilanya

Copyright © / Life is Worship

Template by : Urangkurai / powered by :blogger